Pagar panel beton merupakan salah satu produk yang dikembangkan oleh pabrik beton precast. Proses pembuatan pagar panel dilakukan di pabrik dengan bahan Material berupa panel-panel yang nantinya siap dipasang. Sistem dari pagar panel beton ini hampir sama dengan dinding panel, yaitu terdiri dari panel pagar, kolom perkuatan, serta penutup antara sambungan.

Untuk proses pemasangan pagar panel beton ini, caranya dengan membuat kolom dengan penempatan sesuai panjang pagar yang akan dibuat. Setelah itu baru memasang panel beton tersebut dengan diperkuat bersama sambungan dan penguncian. Tentu saja proses pembuatan pondasi pagar ini dilakukan dengan metode cast in situ yakni dicetak pada tempat.

 

Manfaat & Kelebihan Dari Pagar Panel Beton Precast

 

 

Pagar panel beton memang lebih banyak digunakan pada area bangunan industri, perkantoran dan komersil, dibandingkan pada area bangunan tempat tinggal. Kenyataannya banyak orang yang belum mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki pagar panel beton ini sehingga layak untuk juga diaplikasikan pada rumah tinggal.

  • Pagar panel beton cocok untuk segala desain bangunan. Bagian permukaan pagar beton dapat dilapisi dengan plesteran ataupun cat warna-warni sesuai dengan gaya bangunan.
  • Pagar panel beton terhadap pergantian cuaca, tidak akan berkarat ataupun lapuk.
  • Perawatan dan pemasangan pagar panel beton terbilang sangat mudah bila dibandingkan pagar jenis lain.
  • Pagar panel beton telah dicetak dengan presisi sehingga dapat mencegahnya dari kerusakan.
  • Material penyusun pagar panel beton mudah di bongkar pasang.

 

Metode Proses Pemasangan Pagar Panel Beton Precast

 

 

Pengaplikasian pagar panel beton sebagai dinding pembatas bisa mencapai ketinggian sampai 6 meter. Hanya saja, daun panel beton yang di produksi oleh pabrik beton berukuran 40 cm sampai 45 cm saja. Jadi jika ingin mendapatkan ketinggian sampai 6 meter, daun panel ini akan ditumpuk menjadi 1 bagian. Sekedar informasi saja, untuk penumpukan daun panel beton disarankan maksimal 7 lembar.

Berikut adalah uraian cara pemasangan panel pagar beton secara ringkas:

  1. Melakukan pengukuran pada titik tiang kolom
  2. Melakukan galian tiang kolom pagar beton
  3. Membuat pondasi pada lubang pondasi dengan proses cast in situ
  4. Pemasangan tiang kolom beton tepat pada tiang logam yang telah dibuat
  5. Pemasangan daun panel beton
  6. Memasang penutup di atas kolom (caping jika ada)
  7. Melapisi bagian yang kurang sempurna dengan grouting
  8. Melakukan pengecatan pada pagar panel sesuai dengan desain atau konsep bangunan yang diinginkan

 

Sekian informasi tentang pagar panel beton di atas, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan lebih bagi Anda. PT Prima Superindo Manunggal juga menawarkan produk pagar panel beton Precast yang dapat anda pesan sesuai dengan kebutuhan.